Kemenag Jabar Minta Jemaah Haji Jangan Bawa Air Zamzam dari Tanah Suci

Senin, 03 Juli 2023 – 17:10 WIB
Kemenag Jabar Minta Jemaah Haji Jangan Bawa Air Zamzam dari Tanah Suci - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok Kemenhub

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat mengimbau kepada jemaah haji asal Jawa Barat untuk tidak nekat membawa air zamzam dari tanah suci.

Pasalnya, petugas akan membongkar koper dari jemaah yang kedapatan membawa air zamzam.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novian mengatakan, memasukan air zamzam ke dalam koper dalam penerbangan dinilai berpotensi menimbulkan bahaya.

Hal itu sesuai dengan aturan dari Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) terkait pelarangan pembawaan cairan termasuk air zamzam dalam koper bagasi.

“Iya, diimbau kepada masyarakat, jangan memasukan air zamzam walaupun 1 hingga 2 botol atau dibungkus itu tetap akan dibongkar,” kata Boy dikonfirmasi, Senin (3/7).

Ia mengungkapkan, selain dilarang, memasukan air zamzam ke dalam koper bisa berdampak kepada hal lain yang merugikan para jemaah haji.

“Jadi malah berpotensi ada barang yang hilang, karena kami tidak mengontrol pas pembongkaran,” ungkapnya.

“Jadi untuk menghindari lebih baik jemaah tidak membawa zamzam di koper yang masuk dalam bagasi pesawat,” sambungnya. (mcr27/jpnn)

Kemenag Jabar meminta kepada jemaah haji agar tidak memasukan air zamzam ke dalam koper untuk dibawa ke Indonesia.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News