Komitmen DLH Jabar Jaga Kualitas Lingkungan Sekitar TPL Sarimukti

Kamis, 22 Juni 2023 – 09:41 WIB
Komitmen DLH Jabar Jaga Kualitas Lingkungan Sekitar TPL Sarimukti - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias meninjau secara langsung di TPPAS Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Humas DLH Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan dari pencemaran TPK Sarimukti dan melayani persampahan di Bandung Raya.

Adapun DLH Jabar terus berupaya mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi di lapangan secara bertahap untuk mewujudkan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas mengatakan, TPK Sarimukti direncanakan menampung sampah sebesar 1.200 ton per hari yang berasal dari tiga kota/kabupaten yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung turut menggunakan TPK Sarimukti dikarenakan TPA Babakan yang terletak di Desa Arjasari, Kecamatan Ciparay ditutup.

Sejak beroperasi pada 2006, infrastuktur telah dibangun untuk mendukung operasional TPK Sarimukti, di antaranya pembangunan tanggal, IPAL, dan saluran drainase untuk melindungi aliran Sungai Ciganas yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja PPLP Jabar Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2012.

Prima menjelaskan, sesuai dokumen perencanaan Optimalisasi TPK Sarimukti pada 2012, total kapasitas zona penimbunan di TPK Sarimukti (Zona 1 – 4) ada sebesar 1.962.637 meter persegi dan harus ditutup pada 2017.

Namun, kenyataannya hingga saat ini TPK Sarimukti masih harus dioperasikan dengan total sampah yang tertimbun.

Adapun berdasarkan data sampai akhir tahun 2022 sebesar 15.494.994 m3 atau telah melebihi kapasitas sebesar 786,44%.

UPTD PSTR Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan dari pencemaran TKP Sarimukti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News