11 Bencana Hidrometeorologi Melanda Kota Sukabumi di Sepanjang Mei 2023

Senin, 12 Juni 2023 – 18:30 WIB
11 Bencana Hidrometeorologi Melanda Kota Sukabumi di Sepanjang Mei 2023 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bencana hidrometeorologi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sepanjang Mei 2023 terjadi 11 kasus bencana yang melanda sejumlah wilayah di Kota Sukabumi.

"Sebelas kasus bencana tersebut didominasi oleh bencana hidrometeorologi," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami.

Bencana tersebut, berupa tanah longsor sebanyak lima kasus, cuaca ekstrem empat kasus dan banjir dua kasus.

Jumlah jiwa yang terdampak bencana sebanyak 20 jiwa, di mana 11 jiwa terdampak bencana banjir, tujuh jiwa terdampak bencana cuaca ekstrem dan dua jiwa terdampak longsor.

Dari 20 jiwa tersebut sebanyak tiga orang mengalami luka ringan dan satu orang mengalami luka berat, dan tidak ada korban jiwa.

Sementara untuk bangunan yang terdampak sebanyak 40 unit, 36 di antaranya adalah rumah warga dan empat lainnya fasilitas pendidikan.

Menurut Zulkarnain, akibat bencana banjir sebanyak 32 bangunan terdampak, tanah longsor sebanyak lima unit dan cuaca ekstrem ada tiga bangunan yang terdampak. Untuk kerugian dampak dari bencana tersebut, mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, pada awal Juni 2023, BPBD mencatat beberapa kejadian bencana, seperti kebakaran dan belum lama ini adalah bencana gempa bumi M5,1 yang berpusat di Kota Sukabumi pada Selasa, (6/6) sekitar pukul 14.23 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sepanjang Mei 2023 terjadi 11 kasus bencana yang melanda sejumlah wilayah di Kota Sukabumi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News