Libur Panjang Akhir Pekan, 99 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kamis, 01 Juni 2023 – 17:15 WIB
Libur Panjang Akhir Pekan, 99 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen - JPNN.com Jabar
Potret penumpang kereta api. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Libur nasional Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis (1/6), diikuti dengan cuti bersama di momen akhir pekan, membuat volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan.

Diketahui, sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei hingga 4 Juni 2023.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini Kamis, 1 Juni 2023 dengan 32 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Dari jumlah tersebut, 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir," ucapnya, Kamis (1/6).

Adapun jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa.

Seluruh pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir diimbau agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya, mengingat mulai Kamis 1 Juni 2023 Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

Gapeka atau Grafik Perjalanan Kereta Api, merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Eva menerangkan terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 99 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada momen libur panjang akhir pekan ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News