Atalia Praratya Bahagia Sekoper Cinta Bakal Jadi Program Nasional

Rabu, 31 Mei 2023 – 19:30 WIB
Atalia Praratya Bahagia Sekoper Cinta Bakal Jadi Program Nasional - JPNN.com Jabar
Atalia Praratya saat menjelaskan Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta). Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) yang digagas Pemprov Jawa Barat telah dirasakan banyak perempuan di Jabar, dan akan menjadi program nasional.

Program yang dipimpin Atalia Praratya tersebut, sudah empat tahun berjalan, bahkan tercatat sudah lebih dari 67 ribu perempuan di Jabar yang diwisuda dalam program Sekoper Cinta.

Ketua Umum Sekoper Cinta, Atalia Praratya mengatakan program Sekoper Cinta berawal dari keresahan dan stereotip perempuan yang berkembang di masyarakat, bahkan perempuan yang ada dianggap tidak mampu berkembang dan turut serta membantu mensejahterakan keluarga.

"Masuk ke dalam sebuah program tidak mudah dan harus meyakinkan semua pihak. Bahkan saat awal ada penolakan dari dewan, padahal perempuan tidak bisa keluar dari kubangan lumpur kalau tidak dengan pengetahuan," ucap Atalia.

Dirinya mengatakan pemberdayaan perempuan hanya bisa dilakukan lewat pendidikan. Hal ini, didapatnya setelah membaca 20 jurnal. Jika perempuan hanya berdiam diri di rumah, sulit untuk berpikir dan berkembang.

"Maka saya berjuang keras, Sekoper Cinta ini perjuangan, karena kami ingin perempuan berpengatuhan. Ketika ada perempuan terdidik, maka akan hadir anak terdidik," tuturnya.

Dia menyebut pada awalnya Sekoper Cinta tidak mengganggu anggaran pemerintah. Sekoper Cinta masuk dalam program PKK.

Bahkan setahun berselang mulai ada sedikit anggaran yang masuk dalam Sekoper Cinta. Berkat kolaborasi, sudah ada puluhan ribu alumni Sekoper Cinta di seluruh Jabar.

Atalia Praratya sebut program Sekoper Cinta berawal dari keresahan dan stereotip perempuan, tetapi kini sudah berkembang jadi program nasional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News