FIK UI Kembangkan Metode Pembelajaran Virtual Reality untuk Bedah dan Anatomi

Minggu, 21 Mei 2023 – 19:45 WIB
FIK UI Kembangkan Metode Pembelajaran Virtual Reality untuk Bedah dan Anatomi - JPNN.com Jabar
Mahasiswi FIK UI sedang menggunakan teknologi virtual reality. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) mengembangkan sebuah teknologi virtual reality (Vit-R) Nurse yang dapat mempermudah proses pembelajaran mahasiswa.

Peneliti Vit R Nurse FIK UI, La Ode Abdul Rahman mengatakan virtual reality merupakan sebuah teknologi yang dapat memindahkan dunia nyata ke ruang virtual dengan system tiga dimensi.

“Jadi user ini bisa berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam virtual reality. Keunggulannya yaitu laboratorium fisik bisa dibawa ke mana saja dan mahasiswa bisa belajar di mana saja,” ucapnya.

Selain itu, metode ini pun sangat mempermudah mahasiswa, lantaran untuk praktikum mahasiswa tidak harus datang ke laboratorium.

"Mereka bisa praktikum di mana saja dan kapan saja, cukup dengan memiliki alat Vit-R maka mereka bisa belajar kapan pun mereka yang mereka inginkan,” terangnya.

Dia menjelaskan untuk penggunaan alat tersebut yakni dengan stik khusus yang tersambung dengan alat tersebut.

“Nantinya, mahasiswa bisa login dan bisa memilih konten atau materi pembelajaran yang mereka inginkan di dalam realty tersebut,” jelasnya.

Untuk saat ini, FIK UI sudah memiliki beberapa konten pembelajaran yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

FIK UI kembangkan metode pembelajaran bernama virtual reality (Vit-R) untuk mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran, seperti bedah dan anatomi tubuh.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News