Beragam Pergelaran Budaya Siap Warnai Lebaran Depok

Senin, 15 Mei 2023 – 10:30 WIB
Beragam Pergelaran Budaya Siap Warnai Lebaran Depok - JPNN.com Jabar
Potret kemeriahan perayaan Lebaran Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) bersama Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) akan menggelar Lebaran Depok 2023. 

Kegiatan Lebaran Depok tersebut akan berlangsung selama empat hari, mulai 17 hingga 20 Mei 2023, di Perumahan Candi Graha, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengungkapkan kegkatan Lebaran Depok ini bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan seni budaya Betawi Depok.

Nantinya, acaara tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai pagelaran kebudayaan dan kebiasaan zaman dahulu masyarakat Kota Depok menjelang Hari Raya Idulfitri.

Seperti, ngubek empang, nyenengin baju, potong kebo andil, pasar pengabisan, nganam kulit ketupat dan terakhir yaitu hari lebarannya.

"Selain itu ada bazar, Gambang Kromong dan parade qosidah," ucap Dahlan, dikutip Senin (15/5).

Dirinya menjelaskan Kecamatan Bojongsari terpilih sebagai lokasi kegiatan karena di wilayah tersebut masih banyak dihuni oleh suku Betawi. Sehingga masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat yang dimiliki.

"Lokasi tersebut juga strategis karena dekat dengan wilayah perbatasan, seperti Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor, sehingga warga Betawi dari luar Depok bisa ikut meramaikan," tuturnya.

Pemkot daerah bersama KOOD akan kembali menggelar Lebaran Depok, selama empat hari sejak 17 hingga 20 Mei 2023 mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News