Mudik Lebaran 2023: Arus Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Naik 201 Persen

Kamis, 20 April 2023 – 19:40 WIB
Mudik Lebaran 2023: Arus Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Naik 201 Persen - JPNN.com Jabar
Potret kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Foto: Dok PT Jasa Marga

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor melayani arus lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur lebaran di Indonesia selama ini.

"Rekor pelayanan tertinggi pada musim mudik lebaran pada H-3 atau Rabu (19/4), yakni sebanyak 163.829 kendaraan meninggalkan Jabotabek yang melintas di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Timur (Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya). Titik ini merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Cipularang," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Kamis (20/4).

Angka kendaraan yang meninggalkan Jakarta meningkat 201,09 persen dari lalu lintas (lalin) normal sebesar 54.412 kendaraan atau meningkat 20,92 persen, jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022.

Lisye mengatakan meskipun lonjakan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek signifikan, kondisi lalu lintas dapat dikendalikan dengan baik.

Disebutkannya, pada tahun ini, dengan perencanaan yang lebih matang, kesiapan teknologi yang lebih baik dan koordinasi yang jauh lebih intensif dengan kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, tidak terjadi kepadatan khusus di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Ada tiga kunci manajemen arus lalu lintas mudik tahun ini. Pertama kesiapan dari infrastruktur jalan tol yang dilakukan oleh Jasa Marga dengan penambahan satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk kedua arahnya.

Kedua, penggunaan teknologi traffic counting sebagai ”decision support system” yang mendukung keputusan pimpinan puncak di kepolisian dan Jasa Marga dalam memutuskan penanganan volume lalu lintas yang jumlahnya luar biasa.

"Ketiga, koordinasi lintas sektoral yang sangat intensif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara komprehensif,” kata Lisye.

Arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek naik 201 persen jika dibandingkan dengan hari biasa dan naik 20 persen jika dibandingkan dengan Mudik 2022.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News