Habiskan Malam Takbiran Dengan Festival Dulag Ala Pemkab Purwakarta

Senin, 17 April 2023 – 16:00 WIB
Habiskan Malam Takbiran Dengan Festival Dulag Ala Pemkab Purwakarta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Bedug. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan menggelar Festival Dulag (beduk) pada malam takbiran untuk memelihara kearifan lokal Tradisi Nusantara, serta untuk menarik wisatawan.

"Festival Dulag untuk yang kesebelas kalinya ini akan digelar untuk menyemarakkan malam takbiran," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Senin (17/4).

Ia mengatakan Festival Dulag merupakan tradisi masyarakat Purwakarta yang merayakan malam Lebaran dengan menabuh beduk dan kumandang takbir sambil berkeliling kota hingga menjelang pelaksanaan Salat Id.

"Agar tradisi itu bisa tetap berlangsung meriah dan tertib, Pemkab Purwakarta membantu memfasilitasi dengan menyelenggarakan Festival Dulag," kata bupati.

Menurut Anne, kegiatan tersebut digelar untuk mengakomodir kegiatan pawai beduk yang banyak dilakukan oleh berbagai komunitas dan kelompok masyarakat sambil berkeliling kota.

Kondisi itu rawan kecelakaan karena banyak masyarakat yang melakukan takbir keliling menggunakan kendaraan terbuka yang mengabaikan aspek keamanan berlalu lintas.

"Dengan diadakan festival tersebut masyarakat bisa lebih tertib dan aman saat mengikuti takbiran, sehingga seluruh masyarakat Purwakarta bisa menikmati suasana malam takbir secara khidmat dengan aman dan lancar," katanya.

Ratusan peserta dipastikan akan ikut memeriahkan Festival Dulag tersebut. Para peserta datang dari berbagai kalangan, seperti dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, unsur kecamatan, unsur desa/kelurahan, dan kalangan komunitas.

Pemkab Purwakarta siap menggelar Festival Dulag di malam takbiran, simak informasi lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News