Yana Mulyana 'Digarap' KPK, Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota Bandung

Sabtu, 15 April 2023 – 17:05 WIB
Yana Mulyana 'Digarap' KPK, Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota Bandung - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna untuk memimpin Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Penunjukan ini pascaoperasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Ridwan Kamil menyebutkan, penunjukan Ema sebagai Pelaksana Harian (Plh) sudah berdasarkan konsultasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia pun sudah meminta Ema bisa mengemban tugas dengan baik, terlebih pemerintah sedang menyiapkan momen mudik.

"Saya sudah konsultasi ke Mendagri, sementara sesuai aturan Plh (Wali Kota Bandung) adalah Sekda (Ema Sumarna). Itu posisi tertinggi di birokrasi," ujarnya di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Sabtu (15/4).

Mantan Wali Kota Bandung itu pun mengaku prihatin dengan peristiwa hukum kasus dugaan suap yang melibatkan kepala daerah itu.

Terlebih, hal ini bukan yang pertama kali terjadi. Padahal, ia mengaku selalu mengingatkan soal menjaga integritas hingga membuat sejumlah program pencegahan.

"Strategi (pencegahan korupsi) sudah ada. Pemprov Jabar sudah ada penghargaan dalam program penangkalan. Tapi kan ada sifat individu yang tidak selalu bisa bereskan secara sistematis. Sebagus apapun, karena itu menyangkut motivasi pribadi manusia," tegasnya.

Ema Sumarna ditunjuk sebagai Plh Wali Kota Bandung seusai penangkapan Yana Mulyana dalam OTT KPK.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News