Ridwan Kamil Gabung Golkar, Pengamat: Politik Pragmatis Ala Kang Emil

Jumat, 20 Januari 2023 – 17:45 WIB
Ridwan Kamil Gabung Golkar, Pengamat: Politik Pragmatis Ala Kang Emil - JPNN.com Jabar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi jajaran pimpinan secara resmi menerima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) sebagai Kader Partai Golkar pada Rabu, 18 Januari 2023. Foto: Dok. Partai Golkar

jabar.jpnn.com, DEPOK - Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Direktur Eksekutif Center for Social Politik Economi and Law Studies (CESPELS), Ubedilah Badrun turut berkomentar terkait bergabungnya Ridwan Kamil alias Kang Emil ke Partai Golkar.

Ubedilah menilai secara politik sah-sah saja Ridwan Kamil masuk partai politik apa pun, termasuk bergabung dengan Partai Golkar.

"Boleh-boleh saja Ridwan Kamil masuk partai apa pun. Itu hak politik Ridwan Kamil," ucapnya saat dihubungi JPNN.com, Jumat (20/1).

Dalam catatannya, pada dua kali pemilu yaitu Pemilihan Wali Kota Bandung dan Pilgub Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak masuk partai politik untuk mendapatkan jabatan Wali Kota dan Gubernur Jawa Barat.

"Tetapi dia berhasil menggunakan partai politik untuk membuatnya mengalami mobilitas vertikal menjadi Wali Kota dan Gubernur. Kang Emil sadar betapa kuatnya peran partai politik saat itu dan kini semakin besar peranya," tuturnya.

Ubedilah menjelaskan kesadaran atas kuatnya peran partai politik dalam menentukan kebijakan, membuat Ridwan Kamil berpikir untuk masuk partai politik dan pilihanya jatuh kepada Partai Golkar.

"Selain itu, dinamika dan mungkin tekanan dari partai politik dalam memimpin Jawa Barat dan dalam dinamika politik menuju 2024 membuatnya berkesimpulan bahwa untuk menuju 2024 tidak mungkin tanpa kejelasan masuk partai politik," jelasnya.

Terkait berpindah-pindah dukungan dari Gerindra, PKS saat Wali Kota, menjadi Nasdem, PKB, PPP saat menang Pilgub Jawa Barat, Ubedilah menilai hal itu merupakan sikap inkonsistensi dari Ridwan Kamil.

Analis Sosial Politik UNJ dan Direktur Eksekutif CESPELS, Ubedilah Badrun soroti sikap politik Ridwan Kamil yang bergabung dengan Golkar. Begini kata dia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News