Survei Voxpol Pilgub Jabar 2024: Elektabilitas Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie Naik, Dedi-Erwan Terus Turun

Jumat, 25 Oktober 2024 – 21:00 WIB
Survei Voxpol Pilgub Jabar 2024: Elektabilitas Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie Naik, Dedi-Erwan Terus Turun - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Survei terbaru elektabilitas pada Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024, dirilis oleh lembaga survei Voxpol Center Research and Consulting.

Berdasarkan hasil surveri Voxpol, pasangan nomor urut 3 yakni Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (ASIH) meraih elektabilitas cukup besar. Meski masih di angka 18,6 persen, elektabilitas ASIH terus naik.

Awal bulan Oktober 2024, meski dari versi survei lembaga lain, elektabilitas Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie masih berada di angka 11 persen. Artinya, peningkatan cukup signifikan terlihat di sini.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang justru menurun elektabilitasnya. 

Di survei Voxpol, pasangan Dedi Mulyani dan Erwan Setiawan mendapat angka 61,8 persen. Ini jauh dibandingkan survei dari lembaga lain di awal Oktober. Saat itu, Dedi-Erwan meraih 65,9 persen.

CEO Voxpol Pangi Syarwi Chaniago, dalam rilis virtual menerangkan, peta elektoral di Pilgub Jabar 2024 masih bisa berubah ke depannya.

"Inilah peta elektoral terkini, teropong kita terkini dalam Pilgub Jawa Barat dengan simulasi surat suara dengan 4 pasangan calon yang masih unggul 61,8 persen," kata Pangi dalam keterangannya, Jumat (25/10). 

"Tapi potensi elektoral ke depan bukan tidak mungkin yang lain bisa akan tumbuh. Nanti migrasi yang lain akan bergeser ke mana, apakah akan ada yang tergerus atau tidak. Itu akan menarik peta ke depan," sambungnya. 

Berikut hasil survei Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024 yang dirilis lembaga survei Voxpol.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News