KPU Kota Bogor Siap Merekrut 13.770 KPPS di Pilkada 2024

Minggu, 15 September 2024 – 08:00 WIB
KPU Kota Bogor Siap Merekrut 13.770 KPPS di Pilkada 2024 - JPNN.com Jabar
KPU Kota Bogor saat memberika pembekalan kepada PPK dan PPS soal perekrutan KPPS untuk Pilkada 2024. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor bersiap merekrut 13.770 calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Bogor, M Habibi Zaenal Arifin mengatakan bahwa pihaknya menggelar rapat kerja persiapan pembentukan KPPS Pilkada Serentak 2024 pada hari ini.

Selain itu, kata Habibi, juga dilakukan kegiatan bimbingan teknis kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) terkait dengan rekrutmen KPPS pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor. Acara ini dibagi dua sesi.

"Hari ini adalah bimbingan teknis bagi PPK dan PPS di Kota Bogor yang terbagi dua sesi, yakni pertama untuk tiga kecamatan, sisanya menyusul agar lebih efektif," ujarnya.

Habibi menyebutkan kebutuhan jumlah anggota KPPS sesuai dengan jumlah TPS di Kota Bogor sebanyak 1.530 TPS.

Setiap tempat pemungutan suara, kata dia, ada tujuh anggota KPPS dan dua orang untuk pengamanan. Dengan demikian, total ada sembilan orang. Petugas KPPS ini nantinya tersebar di 68 kelurahan dan enam kecamatan.

Untuk itu, dalam bimbingan teknis KPU Kota Bogor, pihaknya menyosialisasikan bagaimana mekanisme pembentukan KPPS kepada PPK dan PPS, mulai dari pengumuman, persyaratan calon anggota KPPS, hingga teknis pemungutan suara di TPS pada tanggal 27 November 2024.

Pada kesempatan itu, Habibi juga menghadirkan narasumber dari dinas kesehatan sebab pada Pilkada 2024 ada kewajiban untuk mengecek kesehatan calon anggota KPPS yang akan bertugas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor bersiap merekrut 13.770 calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News