Pilkada 2024, Polisi Siagakan Ribuan Personel untuk Pengamanan TPS di Bandung

Senin, 19 Agustus 2024 – 13:30 WIB
Pilkada 2024, Polisi Siagakan Ribuan Personel untuk Pengamanan TPS di Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Personel polisi saat menggelar Sispamkota menjelang Pilkada serentak 2024 di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (3/8/2024). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sebanyak 1.700 personel Polrestabes Bandung akan disigakan di 3.950 tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono melalui Kabag Ops AKBP Sumari mengatakan, pihaknya bersama pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah menyelenggarakan rapat lintas sektoral.

“Yang dibahas kesiapan kita semua instansi dalam mengamankan semua tahapan yang nanti akan digelar terhitung mulai 21 Agustus 2024, selama kurang lebih 118 hari," kata Sumari di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (19/8/2024).

Sumari menuturkan, Polrestabes Bandung menerjunkan 2/3 pasukan atau sekitar 1.700 orang. Selain itu, pengamanan juga melibatkan instansi TNI dan Pemkot Bandung.

"Untuk daftar pemilih sementara (DPS) 1.890.607 dan untuk sementara jumlah TPS ada 3.590 TPS yang tersebar di Kota Bandung," tuturnya.

Lebih lanjut, penjagaan TPS di hari pemungutan akan melibatkan aparat kepolisian dan petugas linmas. Pihaknya pun telah memetakan TPS, mulai dari kurang rawan dan sangat rawan di Kota Bandung.

“Jadi untuk TPS kurang rawan, dua personel polisi di 20 TPS dan 20 linmas dan itu bervariasi. Untuk rawan kami tempatkan dua polisi untuk dua TPS, 4 linmas dan untuk sangat rawan satu TPS itu dua polisi dan dua dari linmas," ungkap dia.

Adapun kata Sumari, penyelenggaraan Pilkada serentak di Kota Bandung saat ini sudah memasuki tahapan-tahapann yang digelar KPU Kota Bandung. Saat ini, ia memastikan bahwa penyelenggaraan pemilu berjalan dengan lancar.

Jajaran Polrestabes Bandung akan menjaga ketat 3.950 TPS pada Pilkada serentak di November 2024 dengan jumlah personel mencapai 1.700 orang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News