DPS Kota Depok Capai 1,4 Juta Pemilih di Pilkada 2024

Senin, 12 Agustus 2024 – 15:45 WIB
DPS Kota Depok Capai 1,4 Juta Pemilih di Pilkada 2024  - JPNN.com Jabar
Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, menetapkan 1.423.747 Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Depok.

"Jumlah ini mengalami penurunan dari data sebelumnya yang mencapai 1.424.656 orang, setelah kami melakukan pengecekan dan menemukan data ganda," ucap Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin. 

Dirinya menuturkan proses penetapan DPS ini merupakan tahapan berjenjang yang dimulai dari penerimaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari KPU RI, yang kemudian diteruskan ke KPU Provinsi dan KPU Kota Depok. 

"Sebelumnya KPU Kota Depok melakukan proses pencocokan dan penelitian selama sebulan, dari Juni hingga Juli 2024," tuturnya.

Sebelum penetapan DPS, KPU Kota Depok juga telah menetapkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat kelurahan dan kecamatan. 

Proses ini juga melibatkan partisipasi masyarakat yang dapat memberikan masukan, seperti melaporkan pemilih yang telah meninggal atau pindah domisili, yang akan ditindaklanjuti pada masa perbaikan. (mcr19/jpnn)

KPU Kota Depok menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 1,4 juta jiwa dalam Pilkada Depok 2024

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News