Melalui Forum Warga, Bawaslu Depok Ajak Masyarakat Terlibat dalam Pengawasan Pilkada

Rabu, 10 Juli 2024 – 15:00 WIB
Melalui Forum Warga, Bawaslu Depok Ajak Masyarakat Terlibat dalam Pengawasan Pilkada - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, DEPOK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok mengajak seluruh masyarakat terlibat dalam mencegah pelanggaran yang mungkin terjadi pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kota Depok. 

Bawaslu Kota Depok telah meluncurkan Forum Warga di Sekretariat Mitra Kardi Darsa (MKD) dan Forum Warga.

Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Depok, Andriansyah mengatakan Forum Warga diadakan sebagai ikhtiar pihaknya dalam meningkatkan partisipasi pengawasan partisipatif, khususnya dalam Pilkada 2024.

"Forum Warga ini menjadi bagian penting untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat, yang isinya nanti bisa berupa dialog, sosialisasi dan diskusi, agar pemilihan kepala daerah secara serentak tahun 2024 ini berjalan dengan baik," ucapnya.

Dirinya menuturkan MKD dipilih karena merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki anggota di seluruh kecamatan di Kota Depok, sehingga akan sangat membantu Bawaslu.

"Bawaslu memang mempunyai tugas dan wewenang mengawasi pemilu, tetapi tidak bisa berjalan sendiri atau mengawasi seluruh Depok tanpa mengajak peran serta masyarakat,” tuturnya.

Sehingga, organisasi seperti MKD sangat membantu Bawaslu Kota Depok untuk menjangkau elemen masyarakat dan juga pemilih pemula.

Sementara, Ketua Umum MKD, Yayat Supriatna menjelaskan bahwa MKD awalnya bernama Mitra Kamtibmas Depok, tetapi kini berubah menjadi Mitra Kardi Darsa, karena kemitraan MKD meluas tidak hanya di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saja, tetapi juga ke bidang sosial, agama dan budaya.

Bawaslu Kota Depok mengajak seluruh masyarakat terlibat dalam pengawasan pilkada, melalui sejumlah forum warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News