KPU Depok Pastikan Semua Permasalahan di Hari Penghitungan dan Pemungutan Suara Bisa Terselesaikan

Senin, 19 Februari 2024 – 10:45 WIB
KPU Depok Pastikan Semua Permasalahan di Hari Penghitungan dan Pemungutan Suara Bisa Terselesaikan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok, Wili Sumarlin memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Depok berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berbagai kendala yang muncul di lapangan pun dipastikan telah berhasil diselesaikan dengan baik. 

Terkait kejadian kekurangan surat suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), Wili menjelaskan kemungkinan disebabkan oleh kesalahan saat proses pengesetan surat suara ke dalam kotak suara saat di gudang logistik. 

"Sehingga hanya sebagian surat suara yang dimasukan kedalam kotak suara, yang menyebabkan kekurangan pada TPS tersebut," ucapnya.

Dia menuturkan untuk mengatasi kekurangan surat suara, tindakan seperti peningkatan kewaspadaan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan) (PKK) telah dilakukan. 

Selain itu, kekurangan surat suara yang signifikan, seperti yang terjadi di TPS 119, Kelurahan Mekarsari telah ditindaklanjuti dengan mengambil surat suara dari TPS di sekitarnya.

"Kemudian, untuk TPS 67 Kelurahan Baktijaya, proses penyusulan telah dilakukan dengan mengimbau warga sekitar untuk datang kembali guna memberikan hak pilih mereka, didampingi oleh pengawas dan saksi," terangnya.

Dia menyebut untuk kemungkinan adanya kesalahan dalam proses Quality Control (QC) di gudang logistis juga menjadi faktor terjadinya kekurangan surat suara. 

Ketua KPU Kota Depok, Wili Sumarlin pastikan seluruh kendala yang terjadi di lapangan saat Pemilu 2024 berhasil diselesaikan dengan baik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News