Tokoh Tionghoa Ini Minta Warga Keturunan Etnis Jangan Golput

Rabu, 07 Februari 2024 – 11:20 WIB
Tokoh Tionghoa Ini Minta Warga Keturunan Etnis Jangan Golput - JPNN.com Jabar
Djoni Toat, tokoh Tionghoa asal Bandung yang juga caleg DPR RI dari Partai Perindo. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menjelang perayaan Imlek ke 2575 Kongzili dan juga hari pencoblosan Pemilu pada 14 Februari, salah satu tokoh Tionghoa di Jawa Barat memberikan pesan. 

Djoni Toat, tokoh Tionghoa asal Bandung yang juga caleg DPR RI itu meminta kepada warga keturunan etnis untuk tidak golput dan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Kata Djoni, meski jumlah warga keturunan Tionghoa di Indonesia hanya 4,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun ada banyak jasa dari warga etnis Tionghoa bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Kemerdekaan Bangsa Indonesia tidak lepas dari peran serta etnis Tionghoa. Salah satunya terjadi di Karawang saat dua 'founding father' Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta sempat disembunyikan oleh para pemuda Indonesia untuk segera memerdekakan Indonesia," kata Djoni dalam keterangannya, Rabu (7/2). 

Menurut Djoni, seperti semua orang telah mengetahui Bung Karno dan Bung Hatta ini 'diculik' para pemuda Indonesia untuk dibawa ke rumah Djiauw Kie Siong.

Diketahui pemuda ini merupakan seorang petani baik hati yang cinta terhadap Indonesia secara utuh.

"Karenanya kini di Karawang di wilayah Rengasdengklok rumah tersebut dijadikan museum bernama Museum Pengasingan Soekarno. Tak jauh dari rumah itu pun dibangunkan Monumen Kebulatan Tekad untuk memperingati peristiwa bersejarah ini," ujarnya. 

Selanjutnya, etnis Tionghoa, tentunya juga jadi bagian penting atas perjuangan memerdekakan Indonesia saat dibentuknya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Tokoh Tionghoa Jabar yang juga caleg DPR RI Djoni Toat menjelaskan soal peran etnis Tionghoa dalam Kemerdekaan Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News