Pengamat: Debat Capres Kelima, Penentuan Pilihan Swing Voters

Minggu, 04 Februari 2024 – 18:00 WIB
Pengamat: Debat Capres Kelima, Penentuan Pilihan Swing Voters - JPNN.com Jabar
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan saat debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1). Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Debat calon presiden (capres) kelima bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (4/2) malam. Debat malam ini akan menjadi penentuan bagi capres untuk meyakinkan masyarakat yang belum memiliki pilihan.

“Debat ini diperuntukan kepada pemilih yang belum menentukan piliha atau swing voters,” kata Pengamat Politik Unpad Firman Manan.

Firman mengatakan, jika pada debat pertama sampai ke empat, masih ada orang yang belum menentukan pilihan.

Maka pada debat kelima ini, para paslon harus tampil habis-habisan, meyakinkan calon pemilih.

“Kalau kemarin-kemarin orang menunggu debat ke dua, tiga, dan empat. Debat terakhir jelang pencoblosan semua kandidat harus tampil maksimal,” ujarnya.

“Ini kesempatan baik, kalau model kampanye lain masing-masing dukungannya, kalau debat karena tampil bareng mereka bisa menunjukan keunggulan dibandingkan kandidat lain,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, di debat terakhir ini, kepada capres yang akan tampil ofensif, tidak disarankan untuk seperti Anies Baswedan di debat ketiga, dan Gibran Rakabuming di debat keempat.

"Kadang-kadang kalau ofensifnya berlebihan seperti Mas Anies dan Mas Gibran malah menuai kritikan, kalau pun mau defensif harus memiliki argumen," ungkapnya.

Debat kelima capres yang digelar KPU akan digelar malam ini. Pengamat Politik berkomentar begini. Ada pesan buat capres.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News