RPGM Kawal 12 Juta Suara Milenial untuk Prabowo-Gibran

Senin, 22 Januari 2024 – 20:47 WIB
RPGM Kawal 12 Juta Suara Milenial untuk Prabowo-Gibran - JPNN.com Jabar
Ketua Umum RPGM, Maulidan Isbar. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Sukarelawan Rakyat Pro Gibran Milenial (RPGM) memulai rangkaian konsolidasi ke 10 provinsi. Kegiatan yang digelar dengan tajuk “RPGM Grebek Desa” ini dimulai dari kantong pemilih terbesar se-Indonesia, yaitu Provinsi Jawa Barat.

Ketua Umum RPGM, Maulidan Isbar memaparkan, Indonesia maju adalah Indonesia yang maju perdesaannya, pertaniannya, dan UMKM-nya. Ketiga hal tersebut merupakan roda-roda penggerak perekonomian nasional yang saling berkaitan dan jika salah satu roda mengalami gangguan, ekonomi nasional bisa berantakan.

Kata Isbar, berdasarkan data BPS pada tahun 2022, dari sedikitnya 135 juta penduduk yang bekerja, hanya sekitar 30 persen atau kurang dari 41 juta penduduk yang bekerja di sektor pertanian.

Jumlah petani dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Ini terutama karena anak-anak muda yang merupakan penerus tongkat estafet, tidak banyak yang ingin menjadi petani. Menjadi petani itu dikesankan kolot dan sulit menjadi kaya.

“Tapi kita patut bersyukur, Pemprov Jawa Barat punya program inovatif untuk mendorong generasi muda menjadi petani. Nama programnya petani milenial. Program ini mendorong pertanian modern Jawa Barat yang mandiri, produktif dan berkelanjutan, dan sampai saat ini sudah berhasil mencetak sekitar 8 ribu petani milenial,” ujar pria yang akrab dipanggil Kang Lidan dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (22/1).

Lebih lanjut, Lidan mengatakan, desa mestinya tidak berambisi menjadi kota. Menurutnya, pendapatan kota itu sebenarnya bersumber dari desa.

Namun, kata Lidan, desa memang dituntut untuk menyesuaikan perkembangan zaman, di antaranya dengan go digital. Ia mengingatkan, Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah pengguna internet terbanyak di Indonesia.

“Yang menarik, dalam rangka semakin memperluas akses internet, Pemprov Jawa Barat juga punya program desa digital, sebuah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet dengan misi besar untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses, dan informasi. Pada tahun 2023, program desa digital telah menargetkan 5.311 desa punya akses jaringan internet yang memadai,” ungkapnya.

Sukarelawan Rakyat Pro Gibran Milenial (RPGM) memulai rangkaian konsolidasi ke 10 provinsi. Jawa Barat menjadi tiitk yang pertama.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News