KPU Kabupaten Bekasi Pastikan Titik TPS Bebas Banjir Demi Kelancaran Pemilu 2024

Kamis, 11 Januari 2024 – 13:45 WIB
KPU Kabupaten Bekasi Pastikan Titik TPS Bebas Banjir Demi Kelancaran Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemilu. Foto: dok/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi memetakan titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan bencana khususnya banjir demi kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan pemetaan lokasi pendirian TPS telah dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan menerapkan titik koordinat untuk kemudian dimatangkan melalui koordinasi intensif bersama unsur terkait.

"Terkait lokasi pendirian TPS kami menerapkan titik koordinat sehingga kami bisa mengetahui apakah titik koordinat tersebut terdampak banjir atau tidak. Jika banjir maka akan kami geser ke titik yang lebih aman. Intinya jangan sampai lokasi maupun jalur menuju ke TPS membahayakan pemilih atau menghambat tugas pelaksana pemilu di lapangan," katanya.

Dia mengatakan sejauh ini pihaknya masih menunggu hasil pemetaan akhir TPS yang masuk kategori rawan bencana banjir berikut lokasi alternatif yang disiapkan PPK di 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

"Kami belum mendapatkan laporan secara spesifik terkait titik-titiknya, baru kemarin hujan deras dan ada beberapa kecamatan yang tergenang sehingga ini dipandang perlu dilakukan mitigasi kalau terjadi curah hujan tinggi saat pelaksanaan pemilu. Tentunya kami akan lakukan langkah-langkah persuasif bersama teman-teman PPK," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebelumnya telah memprediksi puncak musim hujan terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Februari-Maret 2024 atau bertepatan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan juga telah meminta penyelenggara pemilu di daerah itu untuk mewaspadai informasi prakiraan cuaca tersebut, terlebih tidak semua logistik pemilu bersifat anti air atau bisa rusak apabila terkena hujan.

"Karena itu kami tekankan KPU, Bawaslu, PPK, dibantu para camat untuk benar-benar mengantisipasi kemungkinan banjir di lokasi-lokasi TPS," katanya.

KPU Kabupaten Bekasi memetakan titik TPS rawan bencana khususnya banjir demi kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News