Bawaslu Kota Depok Siap Awasi Netralitas ASN di Pemilu 2024

Selasa, 02 Januari 2024 – 19:30 WIB
Bawaslu Kota Depok Siap Awasi Netralitas ASN di Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi ASN: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok siap melakukan pengawasan terhadap instansi pemerintahan dengan menerbitkan surat imbauan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Wali Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Depok.

Dalam surat imbauan itu, Bawaslu Kota Depok berupaya untuk mencegah terhadap pelanggaran pemilu, khususnya pada pelanggaran netralitas ASN, TNI-Polri pada masa kampanye.

“Kami sudah kirimkan surat, isinya mengimbau ASN untuk mempedomani segala ketentuan yang diatur dalam undang-undang selama tahapan kampanye berlangsung,” ucap anggota Bawaslu Kota Depok, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin, Sulastio.

Hal tersebut dilakukan agar tidak ada pelanggaran pemilu yang dapat merugikan ASN.

Dia menuturkan ketidaknetralan ASN juga menjadi perhatian Bawaslu Kota Depok meski belum ada laporan pelanggaran resmi.

Sehingga, pihaknya terus melakukan sosialisasi aturan-aturan peserta Pemilu 2024, dan ratusan petugas telah ditugaskan untuk melakukan pengawasan. 

“Bawaslu sendiri telah menugaskan 161 personel yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pengawasan pemilu. Pengawasan sekaligus sosialisasi, misalnya terkait Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hingga pendataan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang paling banyak ditanya masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menyebut selalu bersurat ke KPU untuk lebih giat mensosialisasikan terkait DPTb dan DPK.

Bawaslu Kota Depok siap melakukan pengawasan terhadap netralitas ASN dalam Pemilu 2024 mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News