Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD Punya Strategi Khusus Berantas Korupsi

Jumat, 20 Oktober 2023 – 07:00 WIB
Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD Punya Strategi Khusus Berantas Korupsi - JPNN.com Jabar
Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapres Mahfud MD di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (18/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Bakal calon wakil presiden dari PDIP Mahfud MD punya strategi khusus dalam pemberantasan korupsi jika dipercaya memimpin rakyat Indonesia lewat Pemilu 2024.

Bakal cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 ini bahkan menyebut sudah mengidentifikasi permasalahan yang mengakar di Indonesia, yakni ketidakpastian dan ketidaktegasan.

“Sebenarnya konsepnya sudah, penataan sistem politik sudah, tinggal DPR dan parpol ini punya kesadaran yang sama bahwa sistem politik (pemerintah) di beberapa hal ditata agar tidak berbiaya tinggi,” ujar Mahfud.

Dia kemudian mencontohkan ketidakpastian di bidang ekonomi. Terjadi tumpangtindih perizinan dan suap-menyuap masih menjadi budaya. Soal ini Mahfud mengaku sering mendengar cerita dari para pengusaha.

Menurutnya, penyelarasan sistem perlu dilakukan secara menyeluruh. Seperti di pemerintahan Presiden Jokowi yang melakukan perbaikan sistem birokrasi menjadi digitalisasi, semua dapat dikontrol.

“Program sudah ada tetapi karena kurang bersih di berbagai tempat jadi enggak jalan. Konsep dasarnya tidak banyak perlu diperdebatkan lagi. Tinggal impelemantasi, masalahnya kan itu (yang terjadi) enggak jelas,” ucapnya.

Strategi selain memperbaiki, dengan meningkatkan ketegasan. Menurut Mahfud perlu dibangun kembali budaya sadar takut berbuat salah dan berani menegakkan aturan.

“Ini yang kurang. Orang selalu melihatnya menkopolhukkam. Nah, itu diperbanyak ada di setiap kementerian, menurut saya harus berani. Diperbanyak kesadaran takut berbuat salah dan keberanian untuk menegakkan aturan menindak sekaligus dibangun bersama,” katanya.

Bakal calon wakil presiden dari PDIP Mahfud MD punya strategi khusus dalam pemberantasan korupsi jika dipercaya memimpin rakyat Indonesia lewat Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News