Jawa Barat Masuk 3 Besar Daerah Dengan Tingkat Kerawanan Politik Uang Tertinggi Versi Bawaslu RI

Minggu, 13 Agustus 2023 – 15:00 WIB
Jawa Barat Masuk 3 Besar Daerah Dengan Tingkat Kerawanan Politik Uang Tertinggi Versi Bawaslu RI - JPNN.com Jabar
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty, saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty sebut Jawa Barat (Jabar) menjadi salah satu wilayah yang rawan politik uang.

Menurutnya pemetaan kerawanan soal isu politik uang ini menjadi kebutuhan.

“Karena selama ini potret pelanggaran untuk politik uang itu relatif tinggi, sehingga dengan siatuasi saat ini di mana modus operandinya banyak, maka penting bagi Bawaslu untuk memastikan dan memetakan kerawanan politik uang sebelum memasuki tahun pemilu," ucapnya.

Dirinya menerangkan bahwa wilayah Jawa Barat juga cukup tingg terkait kerawanan politik uang.

Sehingga hal ini perlu jadi perhatian semua pihak tidak hanya Bawaslu tetapi pemerintah daerah serta seluruh pihak harus ikut terlibat dalam menangani politik uang.

“Artinya apa semua orang wajib tahu soal mitigasi pemetaan ini, lalu punya upaya yang sama dan tepat,” tuturnya.

Berdasarkan hasil pemetaan, diketahui bahwa Jawa Barat berada dalam lima besar wilayah yang rawan politik uang.

Pertama, yakni Maluku Utara dengan skor 100, Lampung skor 55,56, Jawa Barat skor 50, Banten dengan skor 44,44 dan Sulawesi Utara dengan skor 38,89.

Berdasarkan data Bawaslu RI, Jawa Barat berada di urutan ketiga dalam pemetaan wilayah yang rawan terhadap praktik politik uang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News