Muhammad Farhan: Peran Pers Mampu Meredam Hoax Saat Pandemi

Jumat, 11 Februari 2022 – 19:35 WIB
Muhammad Farhan: Peran Pers Mampu Meredam Hoax Saat Pandemi - JPNN.com Jabar
Anggota DPR RI Muhammad Farhan. Foto: Humas Partai Nasdem

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menilai peran Pers selama Indonesia diterpa Pandemi Covid-19 mampu menyelamatkan publik dari ketakutan oleh hoax.

Hal itu ditegaskan Farhan sebagai bentuk apresiasi perkembangan kinerja Pers pada momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Menurutnya, gebrakan industri media yang juga terdampak pandemi namun tetap konsisten membendung arus Hoax, layak diapresiasi.

"Kepanikan yang tidak perlu berhasil kita hindari, masyarakat menjadi lebih menyadari informasi yang benar dan tepat, sehingga media berhasil menjadi pemersatu Bangsa menghadapi pandemik," ujar Farhan dalam keterangan persnya kepada JPNN.com. dikutip Jumat (11/2).

Lebih lanjut, Farhan menuturkan Pers sebagai salah satu pilar Demokrasi diuji untuk tetap konsisten jadi sumber informasi dan panduan di tengah rawannya hoax bertebaran pada segala bentuk platform.

"Disinilah nilai kritik kualitas sebuah produk jurnalistik. Faktual dan aktual harus jadi patokan minimal. Jangan sampai justru dipelintir jadi sensasi," tuturnya.

Farhan menuturkan, Pers juga diuji untuk tetap menjadi pedoman masyarakat dalam mencari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.

"Terobosan metode pencarian berita, narasumber dan teknik penyajian berita adalah beberapa hal mendasar yang wajib dieksplorasi," lanjut Farhan.

Farhan juga mengingatkan Pers untuk menjaga konsistensi kritisnya kepada pemerintah.

Peran Pers di tengah pandemi dinilai mampu meredam hoax terkait Covid-19 maupun vaksin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News