Nick Kuipers Nilai Positif Penggunaan VAR di Championship Series Liga 1 

Selasa, 14 Mei 2024 – 18:49 WIB
Nick Kuipers Nilai Positif Penggunaan VAR di Championship Series Liga 1  - JPNN.com Jabar
Bek asing Persib Nick Kuipers. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk pertama kali menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) atau asisten wasit video pada pelaksanaan Championship Series Liga 1. 

Pertandingan Championship Series leg pertama mempertemukan Persib Bandung dengan Bali United FC di Bali United Training Center (BUTC) pada Selasa (14/5) malam. 

Penggunaan teknologi VAR ini diharapkan bisa membantu tugas pengadil di lapangan dalam membuat keputusan. 

Secara garis besar, ada empat insiden di lapangan yang bisa diintervensi oleh VAR, yakni gol atau tidak gol, penalti atau tidak penalti, kartu merah langsung, dan kesalahan identifikasi (misal wasit memberikan kartu kepada pemain yang salah dari tim pelanggar). 

Nantinya akan ada 10 tambahan kamera khusus VAR, di luar. Pengadil yang bertugas dalam satu pertandingan terdiri dari enam wasit yang di bantu replay operator (RO). 

Bek Persib Nick Kuipers pun menilai kehadiran teknologi VAR dalam pertandingan sepak bola di Indonesia, sangat membantu tugas wasit dalam membuat keputusan.

"Menurut saya penggunaan VAR itu bagus untuk sepak bola Indonesia, seperti yang bisa dilihat di Eropa, ada banyak situasi penting yang diperiksa melalui VAR dan kebanyakan membantu wasit mengambil keputusan dengan tepat," kata Kuipers, Selasa (14/5). 

Apalagi sekelas pertandingan semifinal dan final Championship Series dibutuhkan keputusan wasit yang adil. 

Pemain Persib berharap kehadiran teknologi VAR di Championship Series Liga 1 memberi keputusan yang adil bagi wasit.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News