Pernah Jadi Korban Bully, Ridwan Kamil Geram dan Minta Hukum Ditegakkan

Jumat, 22 Juli 2022 – 13:32 WIB
Pernah Jadi Korban Bully, Ridwan Kamil Geram dan Minta Hukum Ditegakkan - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku pernah menjadi korban bully di masa sekolahnya dulu.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menanggapi kejadian siswa kelas V SD yang dipaksa menyetubuhi kucing hingga menyebabkan korban depresi dan meninggal dunia di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Dia menuturkan, saat SMP dulu dia pernah menjadi korban perundungan, sehingga paham betul bagaimana rasanya dibully.

"Saya ada survivor bully. Zaman SMP, pak gubernur korban bullying. Saya merasakan betul rasanya dibully," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/7) malam.

Menurut pria yang karib disapa Emil itu, kejadian bullying yang menyebabkan korban meninggal dunia harus menjadi perhatian semua dan tanggung jawab paling utama ada lingkungan terdekat yaitu guru dan sekolah.

Selain itu, Dia pun meminta agar proses hukum tetap berjalan sebagai bentuk konsekuensi atas tindakan yang sudah dilakukan.

“Meski usia pelaku masih di bawah umur, tetap harus ada sanksi atas konsekuensi yang melakukan. Tentu dengan azas-azas kepatutan kemanusiaan. Tetap harus ada pelajaran bagi mereka yang melakukan (perundungan),” tutur eks Wali Kota Bandung itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) juga sudah melakukan respons atas kejadian ini.

Mengaku pernah menjadi korban bullying, Ridwan Kamil marah dan minta proses hukum pelaku bully siswa SD di Tasikmalaya dilanjutkan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News