Satlantas Polrestabes Bandung Ingatkan Warga Soal Modus Baru Penipuan Tilang Elektronik

Selasa, 12 September 2023 – 15:30 WIB
Satlantas Polrestabes Bandung Ingatkan Warga Soal Modus Baru Penipuan Tilang Elektronik - JPNN.com Jabar
Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar saat ditemui di Mapolrestabes Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung mengingatkan adanya penipuan dengan modus pengiriman file tilang elektronik.

Biasanya, file dikirim dengan format aplikasi (apk) maupun Portabel Document Format (PDF).

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar mengatakan, pihaknya tidak mengirimkan konfirmasi tilang elektronik dengan format apk maupun PDF via pesan singkat.

Surat konfirmasi tilang dikirim menggunakan jasa kurir yang dikirimkan langsung ke Alamat pelanggar lalu lintas.

“Surat konfirmasi dikirimkan melalui PT Pos, jadi bukan melalui WA, langsung ke Alamat tempat tinggal,” kata Eko dikonfirmasi, Selasa (12/9).

Kata Eko, masyarakat diminta untuk mengabaikan file tilang elektronik apabila ada yang mengirim via pesan singkat.

Selain palsu, tilang elektronik yang dikirim via pesan singkat itu juga merupakan modus penipuan baru. Biasanya, file tersebut berisi malware yang bisa digunakan untuk mencuri data.

“Kalau diterima itu bukan apk, tapi PDF, cuma sekarang ini kan banyak penipuan dengan menggunakan apk untuk meretas ponsel korban, hingga mengambil uang di rekening,” ucapnya.

Satlantas Polrestabes Bandung mengingatkan adanya penipuan dengan modus pengiriman file tilang elektronik. Warga diimbau berhati-hati.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News