Bukan Gegara Biaya Naik, Ini Alasan 554 Calhaj Tasikmalaya Batal Berhaji

Minggu, 05 Maret 2023 – 13:40 WIB
Bukan Gegara Biaya Naik, Ini Alasan 554 Calhaj Tasikmalaya Batal Berhaji - JPNN.com Jabar
Jemaah haji Indonesia. Foto: dok. JawaPos

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Agama buka suara ihwal ratusan calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Tasikmlaya yang membatalkan keberangkatannya ke tanah suci.

Diketahui, ada sebanyak 554 calhaj dari Tasikmalaya yang memutuskan tidak jadi berangkat haji. Beredar info, pembatalan ini dikarenakan naiknya biaya haji.

Menanggapi hal itu, Kemenag Jabar membantah bahwa pembatalan 554 calhaj asal Tasikmalaya dikarenakan kenaikan biaya haji.

“Tasikmalaya itu perlu diluruskan, memang ada yang membatalkan, tetapi bukan terkait persoalan bipi atau biaya,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novrian dikonfirmasi, Minggu (5/3).

Dia mengungkapkan 554 calhaj yang membatalkan berangkat ke tanah suci merupakan data rekapan kumulatif dari 2016 hingga 2022.

“554 itu ternyata hitungannya dari 2016 – 2022, enam tahun itu,” ungkapnya.

Menurut Boy, pembatalan haji dari jemaah kerap terjadi dengan sejumlah alasan. Mulai dari meninggal dunia, sakit, hingga penarikan dana karena ada keperluan mendesak.

“Yang membatalkan itu selalu ada, tidak harus yang berangkat tahun ini dibatalkan, yang baru daftar setahun, dua tahun kemudian itu dibatalkan juga ada, karena sakit, meninggal. Kebutuhan ekonomi, jadi banyak faktor,” tuturnya.

Kemenag Jabar beri penjelasan ihwal 554 calhaji asal Tasikmalaya yang batal berangkat ke tanah suci. Bukan gegara kenaikan biaya haji, inilah penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News