70 Persen RW di Bandung Tak Dilengkapi Kamera CCTV

Senin, 23 Januari 2023 – 18:50 WIB
70 Persen RW di Bandung Tak Dilengkapi Kamera CCTV - JPNN.com Jabar
Ilustrasi CCTV. Foto: AFP

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Maraknya aksi kejahatan jalanan di Kota Bandung mendorong Forum Rukun Warga (RW) agar Pemerintah Kota (Pemkot) menggalakan pemasangan kamera pengawas (CCTV).

Ketua Forum RW Lili Maulana mengatakan, selama ini sudah ada RW yang mengajukan pemasangan kamera CCTV ke pihak kelurahan.

Namun, angkanya masih sedikit hanya 30 persen dari total 1.594 RW yang ada di Kota Bandung.
"Makanya harus saklek dari pemerintah untuk pengadaan ini. Kalau memang ada penugasan pasti langsung turun (anggaran pemasangan CCTV)," kata Lili dikonfirmasi, Senin (23/1).

Ia pun sudah menghitung jumlah dan biaya pemasangan kameran pengawas di setiap RW.

Jumlahnya cukup enam titik dengan dana sekitar Rp 13 juta. Namun, itu belum termasuk dengan pemasangan layar rekaman CCTV maupun listrik yang digunakan selama 24 jam.

Menurutnya, selama ini setiap RW mendapatkan dana Rp 100 juta setiap tahunnya dari Pemkot Bandung untuk operasional termasuk pembangunan infrastruktur.

Dengan dana yang tidak terlalu besar untuk CCTV, seharusnya pemasangan ini bisa dilakukan setiap RW.

"Jadi, anggaran dari kecamatan sebenarnya sudah ada. Tinggal RW-nya mau atau tidak. Karena tidak ada ketegasan makanya dari dulu enggak pernah ada pemasangan," tuturnya.

Forum RW Kota Bandung mendesak Pemkot Bandung agar segera memasang kamera CCTV di RW-RW.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News