Pembuangan Sampah ke TPA Sarimukti Tersendat, Ini Penyebabnya

Selasa, 17 Januari 2023 – 16:15 WIB
Pembuangan Sampah ke TPA Sarimukti Tersendat, Ini Penyebabnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Tempat Pembungan Sampah (TPS). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat tersendat sejak awal Januari 2023.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Kota Bandung Ramadani mengatakan, sejak tanggal 1 Januari 2023, perjalanan bolak-balik truk pengangkut sampah ke TPA Sarimukti berkurang.

Antrean truk sampah di gerbang masuk TPA mencapai empat kilometer bahkan sopir truk harus menginap untuk bisa membuang sampah.

“Ada kendala-kendala di TPA sendiri bukan hanya terkait di dalam tetapi di TPA, ada kendala lintasan buang dan hal teknis lain,” kata Ramdani dikonfirmasi, Selasa (17/1).

Selain itu, kondisi lintasan jalan menuju TPA apabila licin memperlambat gerak truk sampah membuang ke TPA.

Dalam sehari, rit truk sampah bisa mencapai 230 per hari. Namun, sejak tanggal 1 Januari kemarin hanya mencapai 180.

“Ritase biasanya di sekitar 230 per hari tetapi sejak tanggal 1, 180. Paling rendah tanggal 11 sampai 120 ritase tersendat di TPA,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengangkutan sampah per hari ke TPA Sarimukti bisa mencapai 1.300 ton. Tetapi, apabila perjalanan bolak-balik pembuangan sampah ke TPA tersendat maka akan terjadi penumpukan.

Pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti tersendat. DLHK Kota Bandung sampaikan penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News