Gempa Bumi Berkekuatan 4,3 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Pangandaran

Selasa, 10 Januari 2023 – 17:20 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 4,3 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Pangandaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PANGANDARAN - Gempa bumi berkekuatan 4,3 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Pangandaran.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan gempa bumi tersebut terjadi pada Selasa (10/1) sekitar pukul 16.23 WIB.

"Episenter gempa terletak pada koordinat 8.11 LS dan 107.95 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 26 km," kata Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/1).

Berdasarkan pengamatannya gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia dengan Eurasia.

Kendati demikian pihaknya belum menerima laporan adanya dampak kerusakan dari peristiwa gempa tersebut.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

"Hingga pukul 16:46 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan," tambah dia.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada akan dampak yang bisa saja terjadi akibat gempa bumi tersebut.

Gempa bumi berkekuatan 4,3 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Pangandaran. BMKG sebut gempa itu tidak berpotensi tsunami.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News