Datang ke Kabupaten Bogor, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sukamahi

Jumat, 23 Desember 2022 – 15:25 WIB
Datang ke Kabupaten Bogor, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sukamahi - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Sukamahi. Foto : Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan, yakni Bendungan Ciawi dan kedua Bendungan Sukamahi, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (23/12).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan untuk bendungan Ciawi dan Sukamahi ini merupakam bendungan kering gradien, yang sudah dimulai pembangunannya sejak 2016.

Pembangunan bendungan tersebut menghabiskan anggaran Rp 1,3 triliun dan bisa menampung kurang lebih 6,05 juta meter kubik air.

"Bendungan Ciawi dan Sukamahi ini nantinya akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik air. Kurang lebih ada 12 kelurahan tidak terdampak (banjir) lagi karena adanya Bendungan Ciawi dan Sukamahi ini," katanya.

Pihaknya meminta agar Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat membantu menuntaskan urusan yang berkaitan dengan banjir di Jakarta secara konsisten.

Selanjutnya, normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta, urusan sodetan Ciliwung menuju ke Banjir Kanal Timur (BKT), tanggul laut dan pengelolaan pompa-pompa akan jauh lebih baik.

"Bismillah, bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor pada pagi hari ini saya menyatakan diresmikan," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Presiden Jokowi meresmikan dua bendungan, yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, di Kabupaten Bogor.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News