Dandan Riza Wardana Optimistis Industri E-sports Akan Terus Berkembang

Rabu, 14 Desember 2022 – 13:00 WIB
Dandan Riza Wardana Optimistis Industri E-sports Akan Terus Berkembang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi, seseorang sedang bermain game online.Foto: Techcruch

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua E-sports Indonesia (ESI) Cabang Kota Bandung, Dandan Riza Wardana optimistis industri olahraga elektronik dapat terus berkembang.

Mantan manajer Persib Bandung ini pun meyakini bisa mendapatkan atlet potensial melalui berbagai event yang sempat terkendala pandemic Covid-19.

Menurutnya, Kota Bandung memenuhi sejumlah indikator sebagai tempat yang cocok untuk industri E-sports. Satu diantaranya, yaitu kecakapan warga Kota Bandung dalam hal pemanfaatan teknologi.

“Data yang dirilis oleh Pemerintah Kota Bandung itu 2,1 juta jiwa penduduknya merupakan pengguna internet aktif, artinya bisa dikatakan aksesibilitas terhadap hal yang berhubungan dengan dunia digital sangat tinggi, e-commerce tumbuh sehingga berpengaruh pada perekonomian, termasuk game online persentase yang memainkannya sangat tinggi,” ucap Dandan Riza Wardana dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (14/12).

Salah satu bukti Kota Bandung memiliki potensi melahirkan atlet E-sports tergambar dalam diri Gilang Dwi Fallah. Atlet E-sport nasional itu berhasil menyumbangkan 2 medali perak pada SEA Games 2019 lalu.

"Di Kota Bandung ini banyak anak-anak muda potensial yang dapat berlaga di beragam event atau kompetisi level nasional dan internasional. SEA Games 2019 di Filipina, Ketika e-Sports pertama kali dipertandingkan, kontingen Indonesia menyumbangkan 2 perak, ada sumbangan atlet asal Kota Bandung yaitu Gilang Dwi Fallah," ujar Dandan.

Meski begitu, Dandan menuturkan, atlet E-sports harus didapatkan melalui sebuah penjaringan yang kompetitif.

Oleh karena itu, kata Dandan, kompetisi E-sports perlu digalakkan di Kota Bandung.

Ketua E-sports Indonesia (ESI) Cabang Kota Bandung, Dandan Riza Wardana optimistis industri olahraga elektronik dapat terus berkembang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News