Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Bandung Siapkan Upaya Pencegahan

Jumat, 18 November 2022 – 15:50 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Bandung Siapkan Upaya Pencegahan - JPNN.com Jabar
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung mulai menyiapkan langkah strategis untuk menekan angka kasus Covid-19 yang saat ini mulai mengalami peningkatan kembali. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali tempat isolasi mandiri (Isoman) bagi pasien Covid-19 di kewilayahan

Terlebih, saat ini virus Corona subvarian XBB sudah terdeteksi ada di Kota Bandung.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron mengatakan, pihaknya akan mulai memperketat Pengawasan aktivitas warga dan meningkatkan sosialisasi serta edukasi.

“Kecamatan koordinasi dengan Puskesmas dan dinkes untuk melakukan vaksinasi massalserta menyiapkan tempat isoman di kewilayahan dan melakukan pengetatan kegiatan masyarakat,” katanya di Bandung, Jumat (18/11).

Selain itu, Asep juga memerintahkan dinas kesehatan untuk memastikan ketersediaan vaksin dan bersama direksi rumah sakit untuk menentukan kebutuhan tempat perawatan sebagai antisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian XBB.

“Kapasitas tracing dan testing segera ditingkatkan kolaborasi dinkes dan jajaran kewilayahan,”tutur dia.

Tak hanya itu, Asep juga mengarahkan dinas pendidikan (disdik) untuk turut memantau protokol kesehatan (prokes) di sekolah-sekolah dan meminimalisir kegiatan ekstrakulikuler yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Kami juga harus memonitor proses pembelajaran tatap muka (PTM) dan meminimalisir kegiatan ekstrakulikuler di sekolah,” ujarnya.

Mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di Bandung, Satgas instruksikan kewilayahan kembali aktifkan tempat isoman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News