Khawatir Bahaya Etilen Glikol, Masyarakat Lebih Memilih Air Galon Polikarbonat

Rabu, 26 Oktober 2022 – 16:50 WIB
Khawatir Bahaya Etilen Glikol, Masyarakat Lebih Memilih Air Galon Polikarbonat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi air galon guna ulang. Foto : Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ramai isu etilen glikol pada sirop obat yang menyebabkan lebih dari 100 balita meninggal dunia akibat gagal ginjal akut, membuat konsumen lebih berhati hati dalam memilih makanan, minuman, obat, serta kemasan galon.

Beberapa konsumen menyatakan bahwa mereka sekarang lebih memilih kemasan galon polikarbonat yang bebas etilen glikol karena proses pembuatannya tidak menggunakan zat kimia etilen glikol.

Seorang konsumen yang membeli air kemasan di Pasar Agung Depok, Deli Nawawi menyatakan kekhawatirannya terhadap berita-berita di media TV dan media sosial akan ancaman bahaya zat kimia etilen glikol, yang diduga menyebabkan lebih dari 100 anak balita mengalami kematian gagal ginjal akut.

“Saya baca di media bahwa beberapa jenis kemasan plastik juga menggunakan zat kimia dalam proses pembuatannya, sehingga saya kembali menggunakan air kemasan galon Polikarbonat (PC) yang menurut informasi bebas etilen glikol,” ucap Deli, Rabu (26/10).

Begitu juga dengan konsumen yang sedang membeli galon guna ulang di Pondok Kepala, Ratih Hidayat. Dia juga menyampaikan keresahan yang sama seputar zat kimia etilen glikol yang ternyata juga digunakan dalam proses pembuatan kemasan galon plastik.

“Di whatsapp group keluarga saya ramai membicarakan isu etilen glikol ini. Berita mengenai permintaan Komnas Anak dan anggota DPR agar BPOM juga mengawasi kemasan pangan yang berpotensi mengandung etilen glikol menjadikan keluarga kami khawatir, karena BPOM sering terlambat mendeteksi bahaya zat kimia dalam obat dan makanan,” tutur Ratih.

Menteri kesehatan menyebutkan lebih dari 100 balita di Indonesia yang meninggal dunia akibat gagal ginjal akut yang diduga disebabkan oleh cemaran etilen glikol dan dietilen glikol pada sirop obat yang mereka konsumsi.

Saat ini pemerintah masih memantau perkembangan kasus ini dan berusaha keras untuk mengatasinya.

Masyarakat tengah khawatir dengan bahaya kandungan dari etilen glikol, yang membuatnya lebih berhati-hati memilih makanan hingga air galon kemasan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News