5 Kasus Gagal Ginjal Akut Terjadi di Kota Depok, Gegara Obat Sirop?

Rabu, 26 Oktober 2022 – 14:45 WIB
5 Kasus Gagal Ginjal Akut Terjadi di Kota Depok, Gegara Obat Sirop? - JPNN.com Jabar
Wali Kota Depok Mohammad Idris seusai menghadiri pemusnahan barang bukti dan barang rampasan di Kejaksaan Negeri Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris sebut hingga kini sudah ada lima kasus gagal ginjal akut misterius pada anak yang terjadi di Kota Depok.

Idris mengatakan jumlah tersebut berdasarkan laporan yang ada dari Kementerian Kesehatan.

“Kalau laporan dari kementerian sudah ada lima kasus, yang meninggal kalau tidak salah empat dan ada yang masih dalam penanganan,” ucap Idris, seusai menghadiri pemusnahan barang bukti dan barang rampasan di Kejaksaan Negeri Kota Depok, Rabu (26/10).

Menurut laporan yang diterimanya, rata-rata kasus gagal ginjal akut misterius di Kota Depok terjadi akibat mengkonsumsi zat-zat yang ada dalam kandungan obat penurun panas.

"Maka dari itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah untuk sementara waktu melarang penggunaan obat-obatan tersebut," ujarnya.

Idris menyebut lima anak Kota Depok yang terkonfimasi gagal ginjal akut misterius rata-rata berusia 14 tahun ke bawah.

“Lima kasus itu memang terjadi pada anak-anak, ada yang 14 tahun, tetapi kebanyakan masih masuk kategori anak-anak,” ujarnya.

Pihaknya meminta kepada instansi terkait agar melakukan pendalaman, untuk memastikan apakah kelima anak tersebut terkonfirmasi gagal ginjal akut misterius gegara mengonsumsi obat sirop atau bukan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris sebut sudah ada lima kasus gagal ginjal akut misterius di Kota Depok berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News