Kemenkes, ITB dan BRIN Siap Wujudkan Konsep Green Pharmacy

Selasa, 11 Oktober 2022 – 14:42 WIB
Kemenkes, ITB dan BRIN Siap Wujudkan Konsep Green Pharmacy - JPNN.com Jabar
Kementerian Kesehatan menggandeng BRIN dan Sekolah Farmasi ITB dalam dalam melakukan pengembangan serta penelitian untuk menyukseskan konsep green pharmacy. Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan terus mendorong pengembangan konsep green pharmacy demi melakukan transisi penggunaan bahan kimia menjadi herbal dalam memproduksi obat-obatan.

Salah satu upaya Kementerian Kesehatan yaitu dengan menggandeng lembaga riset dan universitas untuk melakukan sejumlah penelitian terkait konsep green pharmacy.

Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalusia mengatakan, pengembangan konsep green pharmacy saat ini tengah dilakukan di negara-negara maju di dunia.

"Di Dunia, perkembangan teknologi kefarmasian itu sekarang sudah bergeser dari produk kimia ke arah bilogic atau biofarmasi karena memberikan kecepatan dalam drug development (pengembangan obat)," ucap Lucia saat ditemui dalam seminar internasional yang digelar sekolah farmasi ITB soal konsep green pharmacy, Kota Bandung, Selasa (11/10).

Selain itu, kata Lucia, konsep green pharmacy juga disebut bisa mengurangi cemaran lingkungan dalam hal produksi obat-obatan.

"Kalau kimia kan kita tau sendiri dari mulai bahan baku kimianya saja sangat sulit, terlebih untuk mendapatkan reduksi cemarannya. Kemudian mendapatkan kemurniannya juga sulit. Nah sekarang di seluruh dunia itu sudah bergeser ke arah biofarmasi produk," ujar Lucia.

Oleh karena itu, Lucia menuturkan, pihaknya menggandeng sejumlah lembaga riset dan universitas untuk melakukan pengembangan dan penelitian tentang konsep green pharmacy, khususnya di bidang pengembangan obat. Di antaranya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Nantinya, kata Lucia, konsep green pharmacy diharapkan dapat menurunkan ketergantungan Indonesia akan bahan baku obat impor dan memiliki kemandirian di bidang farmasi.

Kementerian Kesehatan menggandeng BRIN dan ITB dalam dalam melakukan pengembangan serta penelitian untuk menyukseskan konsep green pharmacy.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News