JQR River Rescue Challenge Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Mitigasi Bencana

Kamis, 06 Oktober 2022 – 08:32 WIB
JQR River Rescue Challenge Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Mitigasi Bencana - JPNN.com Jabar
JQR River Rescue Challenge Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Mitigasi Bencana. Foto: JQR.

jabar.jpnn.com, GARUT - Kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) Piala Gubernur Jawa Barat 2022 sukses digelar di Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut pada 29 September hingga 2 Oktober 2022 lalu.

Ketua Pelaksana JRRC Sandi Prisma Putra mengatakan, kompetisi yang digelar Jabar Quick Respopnse (JQR) tersebut diyakini dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam hal mitigasi bencana.

"Dengan adanya JRRC tentunya masyarakat juga bisa teredukasi terkait mitigasi kebencanaan serta terkait rescue," ujar Sandi dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Kamis (6/10).

Sementara itu, Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran mengatakan, dukungan dari warga sekitar di lokasi acara, terutama warga kampung Patrol sangat berpengaruh terhadap kelancaran gelaran lomba.

Reggi sangat mengapresiasi keterlibatan masyarakat yang sangat aktif dalam membantu panitia selama penyelenggaraan acara berlangsung.

Bahkan, kata Reggi, dirinya cukup terkesan dengan kesungguhan masyarakat dalam menyambut para peserta dan panitia.

"Kami merasa tersanjung dengan keramahan warga Patrol dan dukunganya secara penuh terhadap program-program Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kabupaten Garut. Termasuk acara JRRC ini yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para potensi SAR Nasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Reggi juga menambahkan, JRRC juga turut melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga sekitar.

JQR River Rescue Challenge sukses digelar dan menjadi ajang bina potensi SAR dan pemberdayaan ekonomi desa berbasis pariwisata.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News