Pemkab Bekasi: Pasar dan Sentra Agrobisnis Siap Beroperasi di Awal 2023

Selasa, 04 Oktober 2022 – 15:50 WIB
Pemkab Bekasi: Pasar dan Sentra Agrobisnis Siap Beroperasi di Awal 2023 - JPNN.com Jabar
Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro memantau pembangunan Pasar dan Sentra Agribisnis Kabupaten Bekasi di Jalan Cikarang-Cibarusah, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, Selasa (4/10/2022). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyatakan pembangunan Pasar dan Sentra Agrobisnis sudah mencapai 80 persen dan siap digunakan untuk memfasilitasi petani serta peternak lokal mulai awal 2023.

"Sudah 80 persen, target selesai awal Desember tetapi melihat progres saat ini sepertinya bisa selesai lebih awal," kata Kepala Bidang Bangunan Negara pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro, Selasa (4/10).

Dia menjelaskan Pasar dan Sentra Agrobisnis ini dibangun di atas lahan seluas lima hektare berlokasi di Jalan Cikarang-Cibarusah, Desa Sindangmulya, persis di area Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cibarusah.

Pemerintah daerah menetapkan pagu anggaran pembangunan kompleks terpadu ini sebesar Rp4,9 miliar, yang dikerjakan pihak ketiga pemenang lelang selaku mitra dengan nilai kontrak Rp3,97 miliar.

Pekerjaan konstruksi Sentra Agrobisnis mencakup 12 bangunan terpisah dalam satu area antara lain Greenhouse Hidroponik untuk budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Kemudian Greenhouse Aquaponik untuk budidaya tanaman yang terintegrasi dengan budidaya hewan air seperti ikan, udang, serta moluska.

Greenhouse Tanaman Hias untuk semua jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai penambah keindahan dan kecantikan.

Ada pula bangunan penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan tanaman, kandang kambing dan unggas hias, Hall dan kantor pengelola sebagai tempat pertemuan sekaligus mengakomodasi kegiatan pengelola, serta gudang penyimpan peralatan.

Pembangunan Pasar dan Sentra Agrobisnis sudah mencapai 80 persen dan siap digunakan untuk memfasilitasi petani serta peternak lokal mulai awal 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News