Lihat Tuh, Ribuan Peserta Tumpah Ruah Menari Merak di Gedung Sate Bandung

Minggu, 18 September 2022 – 22:40 WIB
Lihat Tuh, Ribuan Peserta Tumpah Ruah Menari Merak di Gedung Sate Bandung - JPNN.com Jabar
Sebanyak 1.000-an peserta sedang menari merak dalam kegiatan 'Merak Sadunya' di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (18/9). Foto: Diskominfo Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sekitar 1.000 peserta memadati halaman Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat Gedung Sate untuk melakukan tarian merak.

Kegiatan bertajuk ‘Tari Merak Sadunya (Sedunia)’ itu diikuti ribuan orang yang datang mengenakan kebaya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan acara ini bisa menjadi langkah awal yang positif dalam melestarikan salah satu warisan budaya tak benda milik Indonesia.

“Hari ini kami ada kegiatan luar biasa yaitu gerakan Merak Sadunya (sedunia) untuk melestarikan satu budaya Jawa Barat. Kedua, mensyukuri penganugerahan tari merak sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, juga dirangkaikan Hari Perdamaian Dunia,” katanya seusai menghadiri acara, Minggu (18/9).

Dengan kegiatan ini, dia mengaku bahagia. Menurutnya gerakan ini dapat dijadikan momentum saling menguatkan kebudayaan tradisional di Jabar.

“Nah saya sangat bahagia, kenapa? Karena Jabar secara umum prestasinya sangat baik, di bidang ekonomi juga punya banyak. Momentum untuk menguatkan kebudayaan-kebudayaan yang tradisional,” ucap dia.

Eks Wali Kota Bandung itu mengatakan perkembangan zaman dengan kecepatan teknologi digital yang serba canggih ini bisa menstimulus anak-anak dari asupan informasi budaya asing.

Maka dari itu, gerakan ini sangat membantu mengenalkan kembali kepada anak-anak dan bisa menjadi langkah awal untuk melestarikannya bersama-sama.

Sebanyak 1.000-an peserta memadati halaman Gedung Sate untuk melakukan tarian merak dalam kegiatan 'Merak Sadunya'.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News