Program Desa Presisi Rampung Dilaksanakan di Muaragembong Kabupaten Bekasi

Rabu, 14 September 2022 – 11:11 WIB
Program Desa Presisi Rampung Dilaksanakan di Muaragembong Kabupaten Bekasi - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat memberikan arahan dan instruksi dalam rapat internal Pemkab Bekasi. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Sebanyak lima desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi telah menyelesaikan program Desa Presisi yang menjadi proyek percontohan data desa presisi pemerintah pusat.
 
Implementasi program nasional tersebut dilaksanakan di Desa Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Bahagia, dan Desa Jayasakti.
 
"Desa-desa di Kecamatan Muaragembong itu kini sudah memiliki data Desa Presisi per kepala keluarga," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Rabu (14/9).
 
Dia mengatakan setiap keluarga di desa-desa itu saat ini sudah dilengkapi data tempat tinggal, batas desa, ekonomi, sosial, infrastruktur, pendidikan, serta data terkait lain yang dimutakhirkan setiap tiga bulan menggunakan aplikasi data desa presisi.
 
"Update data presisi dilakukan petugas survei yang sudah dibekali pelatihan khusus dan dibantu perangkat desa serta pengurus karang taruna setempat," katanya.
 
Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana melakukan pendataan serupa di wilayah lain setelah menyelesaikan program uji coba di Kecamatan Muaragembong tersebut.
 
"Pastinya ini akan berkelanjutan. Lima desa tadi ditunjuk pemerintah pusat sebagai pilot project program ini. Selanjutnya kami akan melakukan penyusuran ke kecamatan-kecamatan lain," katanya.
 
Dani menjelaskan data desa presisi memiliki total 170 informasi desa yang masuk dalam "Big Data Desa" untuk mendapatkan data potensial bagi kepentingan pembangunan baik skala daerah maupun nasional.
 
Data presisi ini selanjutnya akan digunakan sebagai dasar pemerintah mengambil kebijakan sebab di dalamnya terdapat monografi desa secara detail hingga menyangkut spesifikasi bangunan rumah berikut kondisi fisik bangunan setiap kepala keluarga.

Program proyek percontohan data desa presisi pemerintah pusat rampung dilakukan, di lima desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News