Miris, Lampu Penerangan Jalan Umum di Bandung Banyak Digondol Maling

Kamis, 01 September 2022 – 18:25 WIB
Miris, Lampu Penerangan Jalan Umum di Bandung Banyak Digondol Maling - JPNN.com Jabar
Kondisi penerangan jalan umum (PJU) yang mati di Jalan Cempaka, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mencatat jumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) dan penerangan jalan lingkungan (PJL) masi belum tercukupi.

Hal itu dikarenakan, banyaknya PJU dan PJL di Bandung yang raib di dicuri oleh oknum tak bertanggung jawab.

Kepala Bidang Prasarana Dishub Kota Bandung Panji Kharismadi menuturkan, kebutuhan penerangan jalan di Bandung saat ini masih kurang.

Idealnya, kata Panji, Kota Bandung harus memiliki 69.000 titik penerangan yang tersebar di berbagai wilayah.

“Kondisinya sekarang, kami baru ada 49.000 titik. Jadi masih kurang sekitar 19.000 sampai 20.000 titik,” kata Panji di Bandung, Kamis (1/9).

Panji menyebutkan, dari 49.000 titik penerangan jalan terbagi menjadi dua katagori yakni 3.000 titik PJL terletak di jalan dengan lebar kurang dari 4 meter sementara sisanya 46.000 PJU terletak di jalan yang memiliki lebar lebih dari 4 meter.

“Penambahan titik baru lebih diprioritaskan untuk PJL, karena dari kekuranagn 19.000 titik itu kami identifikasikan 15.000 untuk jalan lingkungan seperti jalan dalam perumahan yang termasuk jalan kota. Kalau untuk umum hanya 5.000 an saja,” ujarnya.

Panji mengungkapkan, Pemkot Bandung sudah menganggarkan dana untuk penambahan jumlah JPU dalam APBD 2022 sebesar Rp 40 miliar.

Dishub Kota Bandung mengungkapkan kalau banyak lampu penerangan jalan yang digondol maling.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News