Waspada Cacar Monyet! Yana Mulyana Minta Warga Taat Prokes

Senin, 22 Agustus 2022 – 16:42 WIB
Waspada Cacar Monyet! Yana Mulyana Minta Warga Taat Prokes - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam sebuah acara di Kota Bandung, Senin (22/8). Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merespons soal virus cacar monyet yang penyebarannya sudah ditemukan di Jakarta.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau, masyarakat untuk tetap melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk terhindar dari penyebaran virus tersebut.

"Masyarakat tetap harus melaksanakan perilaku hidup bersih. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan sama seperti kita mencegah Covid-19, harusnya secara teori kita bisa terhindar dari paparan cacar monyet," katanya di Bandung, Senin (22/8).

Kata Yana, sampai saat ini di Kota Bandung belum ditemukan adanya penyakit cacar monyet yag menyebar.

Ia berharap, di Bandung tidak aka nada warganya yang terkena penyakit cacar monyet.

"Jangan sampai ada di Bandung. Masyarakat harus taat protokol kesehatan, kalau kita memakai masker, mencuci tangan, dan menghindaru kerumunan harusnya bisa terhindar," ucapnya.

Sebelumnya, penyakit cacar monyet ditemukan di Indonesia. Wabah yang semula teridentifikasi di benua Afrika itu dikabarkan telah menyerang seorang pria asal Jakarta berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Penularan cacar monyer bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia. Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana ingatkan warganya untuk perketat prokes mencegah penyebaran virus cacar monyet yang sudah ditemukan di Jakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News