Karawang Siap Jadi Daerah Penyedia Benih Ikan Nila

Kamis, 18 Agustus 2022 – 20:25 WIB
Karawang Siap Jadi Daerah Penyedia Benih Ikan Nila - JPNN.com Jabar
Ilustrasi budi daya ikan. Foto: sumutpos.co

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang menyatakan bakal menjadikan Karawang sebagai daerah penyedia benih ikan nila guna menyokong pembudi daya perikanan di daerah tersebut.

"Sekarang ini sudah banyak pembenih ikan nila di Karawang, jadi, kami akan melakukan pengembangan untuk mendukung mereka," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan setempat Abu Bukhori, Kamis (18/8).

Sesuai dengan pendataan yang telah dilakukan, ada sekitar 50 pembenih ikan nila di Karawang.

Selanjutnya, kata dia, dinas akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha perikanan, baik yang perseorangan maupun kelompok, agar mereka mampu menciptakan benih ikan nila yang berkualitas.

Dia mengutarakan harapannya agar ke depannya, Karawang mampu menyediakan benih ikan nila berkualitas. Karena saat ini pihaknya masih kesulitan memenuhi benih ikan nila.

Saat ini Dinas Perikanan Karawang sudah memiliki Kampung Nila atau kampung yang mengembangkan budi daya ikan nila di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya. Luasnya tambak budidaya ikan di daerah itu mencapai 250 hektare.

Menurut dia, potensi ikan nila cukup bagus, bahkan sentra budidaya ikan Jatiluhur saja tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar, karena cukup tinggi kebutuhannya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim menyatakan Program Kampung Perikanan Budi Daya bisa menjadi sarana untuk melestarikan berbagai spesies perikanan lokal yang endemik di suatu daerah.

Dinas Perikanan Kabupaten Karawang menyatakan bakal menjadikan Karawang sebagai daerah penyedia benih ikan nila demi mempermudah para pembudi daya ikan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News