Muhammad Farhan: Cabor Lari Trail Akan Berkembang Jika Sektor Bisnis Mendukung

Rabu, 20 Juli 2022 – 22:44 WIB
Muhammad Farhan: Cabor Lari Trail Akan Berkembang Jika Sektor Bisnis Mendukung - JPNN.com Jabar
Ketua Harian ALTI Muhammad Farhan (kanan). Foto: Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Perjalanan cabang olahraga lari trail di Indonesia dinilai sukses di tanah air. Kesuksesan Cabang olahraga yang bernaung pada Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) itu, dibuktikan dengan suksesnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail 2022 di Palu dan Sigi.

Ketua Harian ALTI Muhammad Farhan mengatakan, meski sukses dikenal masyarakat, Lari Trail belum mendapatkan dukungan pengembangan secara maksimal.

Oleh karena itu, kata Farhan, dibutuhkan dukungan dari swasta untuk memberikan stimulus pembinaan atlet dan pengembangan kejuaraan.

"Cabang olah raga baru hanya akan berkembang jika mendapat dukungan pelaku sektor bisnis, terbukti dari suksesnya Kejuaraan Nasional Lari Trail yang pertama kali digelar di Palu dan Sigi Sulawesi," ujar Farhan dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Rabu (20/7).

Menurutnya, sektor yang mendukung pengembangan ini di antaranya Livin' Mandiri, INDIKA Energi hingga perusahaan perintis pembuat makanan sehat STRIVE turun tangan.

Hasilnya, Kejurnas Lari Trail 2022 melahirkan prestasi terbaik dari segala penjuru Indonesia.

Di antaranya pemenang medali emas, perak, Perunggu dari tujuh nomer pertandingan berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulteng, Kaltim dan NTB.

"Jadi bisa dikatakan cukup merata prestasi tiap daerah. Fakta ini menunjukkan bahwa perlu kolaborasi erat antara cabang olahraga dengan pelaku bisnis. Yang dimaksud disini adalah kolaborasi yang saling menguntungkan," katanya.

Cabang olahraga lari trail mulai diminati oleh masyarakat. Namun, pengembangan dan pembinaan atlet muda membutuhkan kolaborasi antara pemerintah dan investor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News