Dokumen Penting Hilang Tersapu Banjir, Dinas Kependudukan Dirikan Posko Pelayanan di Lokasi Bencana

Minggu, 17 Juli 2022 – 22:10 WIB
Dokumen Penting Hilang Tersapu Banjir, Dinas Kependudukan Dirikan Posko Pelayanan di Lokasi Bencana - JPNN.com Jabar
Sejumlah petugas memberikan pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan di daerah terdampak banjir di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (17/7/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan pos pelayanan pembuatan berkas administrasi kependudukan warga yang rusak atau hilang akibat diterjang banjir di lokasi daerah terdampak bencana.

"Pelayanan kali ini dilaksanakan bagi warga di RW 18, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut Natsir Alwi, Minggu (17/7).

Dia menuturkan bencana alam banjir dan longsor di Garut telah menyebabkan surat-surat penting terkait kependudukan seperti kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu tanda penduduk (KTP) rusak ataupun hilang.

Disdukcapil Garut, kata dia, bergerak langsung ke lokasi bencana untuk memberikan pelayanan penerbitan dokumen identitas kependudukan bagi warga yang terdampak bencana banjir di Garut.

Dia berharap adanya pelayanan itu bisa meringankan beban masyarakat yang menjadikan korban bencana alam.

"Saat ini data layanan yang sudah terbit sampai dengan pukul 11.54 WIB sebanyak 43 kartu keluarga, 31 akta kelahiran dan 1 akta kematian," katanya.

Dia menyampaikan pelayanan dengan cara mendatangi langsung pemohon di daerah terdampak banjir itu disambut baik oleh masyarakat setempat yang berbondong-bondong mengusulkan pembuatan berkas kependudukannya.

Antusias warga itu, lanjut dia, sampai antre untuk mendapatkan dokumen administrasi kependudukan sehingga pelaksanaannya harus diatur dan berlanjut sampai beberapa hari ke depan.

Pemkab Garut menyiapkan pos pelayanan pembuatan berkas administrasi kependudukan warga yang rusak atau hilang akibat diterjang banjir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News