TNI AD Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Minggu, 10 Juli 2022 – 11:20 WIB
TNI AD Bantu Masyarakat Penuhi Kebutuhan Air Bersih - JPNN.com Jabar
TNI AD bantu salurkan kebutuhan air melalui program TNI Angkatan Darat (AD) Manunggal Air yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman di Desa Binangun, Banjar, Jawa Barat. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Program TNI Angkatan Darat (AD) Manunggal Air yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman di Desa Binangun, Banjar, Jawa Barat, saat ini sudah memasuki periode bulan ketiga.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menuturkan, TNI AD terus berupaya melakukan penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa Hidraulic Ram Pump (Hidram), sumur bor serta penyaluran air secara gravitasi di sejumlah wilayah Indonesia.

Adapun wilayah tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga wilayah Bali, NTB dan NTT.

"Saat ini TNI AD terus melakukan pembangunan pompa hidram dan sumur bor serta pipanisasi dengan jumlah keseluruhan 52 titik dan sudah selesai 43 titik, sisanya masih dalam proses baik tahap persiapan maupun dalam tahap pengerjaan," ucapnya.

Lebih lanjut, keberadaan pompa hidram yang dibangun di wilayah yang kekurangan air bersih tersebut diharapkan bisa berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena selain dapat dimanfaatkan untuk mengairi persawahan, pompa hidram ini juga bisa menunjang kesehatan warga masyarakat, terutama dalam mengatasi stunting bagi anak-anak dan ibu hamil, termasuk juga untuk kesehatan hewan ternak.

"Pembangunan sumur, bor, pompa, hidram, penyaluran air secara gravitasi/pipanisasi sejauh ini sangat bermanfaat dan disambut positif baik oleh Pemerintah Daerah maupun masyarakat secara langsung," ujarnya.

Hal ini, sambung dia, menunjukkan kehadiran TNI AD di tengah-tengah masyarakat. 

Hadir di tengah-tengah masyarakat, TNI AD bantu cukupi kebutuhan air di sejumlah wilayah Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News