Peringati Hari Buruh Pemkot Depok Luncurkan Program De'linna Kerren, Apa Itu?

Kamis, 12 Mei 2022 – 22:15 WIB
Peringati Hari Buruh Pemkot Depok Luncurkan Program De'linna Kerren, Apa Itu? - JPNN.com Jabar
Kepala Disnaker Kota Depok Mohamad Thamrin. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Untuk memperingati Hari Buruh atau May Day Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan program Depok Lindungi Tenaga Kerja Rentan (De'linna Kerren).

Kepala Disnaker Kota Depok Mohamad Thamrin mengungkapkan, program ini merupakan kolaborasi antara Disnaker dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Depok.

“Program ini diberikan kepada para pekerja yang tidak mempunyai gaji tetap, seperti penjaga tempat ibadah, petugas keamanan di lingkungan RT dan RW, pemandi jenazah, petugas gali kubur, pengangkut sampah, dan lainnya,” ucap Thamrin usai peringatan May Day, di lantai 10 Gedung Dibaleka II, Kamis (12/5).

Dirinya mengatakan program ini sudah disosialisasikan pihaknya sejak Desember 2021 lalu, dan sudah ada ratusan penerima bantuan dari program tersebut.

“Hingga saat ini sudaah ada 300 penerima bantuan dari program De’linna Kerren,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini menjelaskan, pekerja atau buruh informal yang tidak mampu membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan akan dibayarkan iurannya dari dana yang dikumpulkan oleh BPJS Ketenagakerjaan dari seluruh stakeholder. Mulai dari perusahaan, badan usaha, hingga pribadi.

“Sehingga saat mereka mengalami kecelakaan kerja maka akan ada santunan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Selain itu, jika iuran yang dibayarkan sudah dilakukan selama tiga tahun dan buruh informal tersebut meninggal dalam kondisi apapun, maka anaknya akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Pemkot Depok melalui Disnaker meluncurkan program Depok Lindungi Tenaga Kerja Rentan (De'linna Kerren) untuk membantu para pekerja nonformal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News