Pecahkan Rekor, Arus Balik Lebaran 2022 Tertinggi Dalam Sejarah Tol Indonesia

Minggu, 08 Mei 2022 – 13:40 WIB
Pecahkan Rekor, Arus Balik Lebaran 2022 Tertinggi Dalam Sejarah Tol Indonesia - JPNN.com Jabar
Petugas saat mengawasi sejumlah ruas tol yang dilalui pemudik, pada arus balik lebaran tahun ini. Foto: Dok PT Jasa Marga

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat pada Sabtu (7/5) kemarin, jumlah arus balik dan mudik Lebaran menyentuh angka tertinggi sepanjang sejarah Tol di Indonesia.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru mengatakan volume lalu lintas kembali ke Jabotabek dari arah Timur (Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon dan Bandung) mencapai 170.078 kendaraan.

"Angka ini naik 159% dari lalu lintas normal 2021, dan mengalahkan rekor tertinggi sebelum pandemi, yang terjadi pada Lebaran 2019 sebesar 166.444 kendaraan atau naik 2,2%," kata Heru, dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (8/5).

Jumlah lalu lintas dari arah Timur tersebut merupakan kumulatif arus balik di Tol Jakarta-Cikampek melalui dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Tol Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Tol Cipularang.

"GT Cikampek Utama, dengan jumlah 124.761, naik sebesar 272% dari normal 2021 sebesar 33.535 kendaraan. GT Kalihurip Utama, dengan jumlah 45.317 kendaraan, naik sebesar 41% dari normal 2021 sebesar 31.968 kendaraan," ujar Heru.

Heru memprediksi jumlah tersebut kemungkinan akan terus meningkat mengingat Jasa Marga memang sudah memprediksi sejak awal, bahwa puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (8/5).

Meski lonjakan volume di Tol Jakarta-Cikampek luar biasa, tetapi kondisi lalu lintas masih dapat dikendalikan.

“Ini yang membedakan arus mudik dan arus balik 2019 dengan tahun ini. Pada tahun 2019 untuk mengurai lalu lintas sebesar ini dibutuhkan waktu hingga 24 jam untuk menguras kepadatan luar biasa yang terjadi di berbagai segmen Tol Jakarta-Cikampek," jelasnya.

PT Jasa Marga Tbk mencatat pada Sabtu (7/5) kemarin, jumlah arus balik mudik lebaran menyentuh angka tertinggi sepanjang sejarah Tol di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News